Otniel Yoreiza selaku owner Asagao Coffee pun menceritakan pengalamannya dalam mengelola bisnis kopi. 

Ia mengaku bahwa dalam mengatur branding untuk bisnis, soal sentuhan personal yang bisa diterapkan ke berbagai aspek tentu tak boleh dilupakan. Misalnya ke dalam menu, packaging, atau mungkin layanannya sendiri. Sentuhan personal ini sangatlah penting, apalagi mengingat dirinya menjual kopi, yang termasuk mass product di pasar. Dalam artian, bukan satu-dua orang saja yang menjual kopi. Baginya, sentuhan personal ini bisa menjadi trik agar bisnis tetap bisa menonjol.

“Sebagai contoh, menu di Asagao Coffee digambar dengan kapur. Mungkin gambarnya nggak sempurna, tapi itulah keunikannya,” cerita Otniel Yoreiza.

“Kemudian, packaging-nya juga mesti bagus. Seperti Kobocan atau Kopi Bocah Jepang. Lewat minuman ini, kami ingin nostalgia. Jadi, minumnya dengan kantong plastik. Tapi kalau Asagao dengan kantong plastik yang lebih durable,” lengkapnya.

Di sisi lain, Otniel Yoreiza mengaku bahwa ia bekerja sama dengan origami artist untuk membuat beberapa tokoh hewan yang mana bisa menjadi salah satu poin plus dari bisnisnya tersebut.

Tokoh hewan tersebut berupa kelinci. Kelinci sendiri dipilih karena sesuai dengan brand Asagao itu sendiri. “Kami cari sesuatu yang bisa menimbulkan emosi dan benda yang nggak punya emosi,” ucapnya.

“Tokoh-tokoh hewan ini bisa difoto. Ini cukup sukses karena orang akhirnya udah resemble topeng ini dengan Asagao. Kami juga ada kontes dengan hadiah topeng tersebut,” tukasnya.

Lantas, apakah keunikan konten-konten yang dihadirkan di Asagao dapat dikatakan berhasil? Menurutnya, apabila pelanggan merasa dekat dengan bisnis, bahkan sampai membuat mereka kembali dan kembali lagi, itu artinya konten yang dihasilkan memang berhasil. Ada koneksi yang tercipta, yang membuat pelanggan merasa lebih engaging dengan bisnis Anda.

Otniel Yoreiza pun berpesan, apabila ingin brand bisnis dikenal lebih luas, Anda harus menjadi diri Anda sendiri. Anda perlu tahu apa yang ingin ditampilkan dan apa yang ingin dicapai sehingga Anda tidak hanya sekadar terjun ke bisnis saja.

Jangan sampai Anda ketinggalan acara A Cup of Moka yang lainnya, ya! Follow @mokalearninghub untuk info acara terbaru atau pantau jadwalnya di sini.

#MajuBersamaACOM

Source: Moka Blog. Sintia Astarina, Sr. Content Editor Moka