ACOM Talks Vol.1 - Patrix Tenario

Dalam membuat suatu konten, apa pun medianya, Patrix Tenario mengungkapkan bahwa setiap pebisnis harus tahu dulu siapa audiens yang ingin dijangkau. Dengan demikian, pebisnis pun bisa membuat konten yang lebih tepat sasaran.

Ada tiga tujuan utama suatu brand membuat konten, yakni untuk meningkatkan brand awareness supaya lebih dikenal oleh masyarakat, untuk meningkatkan engagement di dunia digital, serta untuk meningkatkan penjualan suatu barang atau jasa. Tiga tujuan ini pun memerlukan pendekatan yang berbeda-beda supaya hasilnya lebih maksimal.

Namun pertanyaannya, konten seperti apa sih yang dapat memenuhi tiga tujuan tersebut? Ya, jawabannya adalah konten yang kreatif.

Patrix Tenario menyebutkan, Creativity means the urge of find alternative solutions. Itu adalah mindset yang harus kita punya“.

Akan tetapi, tahukah Anda, di dunia ini, tidak ada manusia yang dilahirkan langsung menjadi seseorang yang kreatif?

“Kita perlu memperbanyak perbendahatraan kita. Kalau mau bikin konten, ya kita perlu mengisi library di orak kita dengan konten yang bagus, konten yang biasa, dan konten yang jelek. Jadi, kita punya suatu pertimbangan untuk bikin konten yang menurut kita kreatif,” sambung Patrix.

5 cara untuk membuat konten kreatif, yakni:

  • 1. Single minded preposition: milikilah pemikiran utama sebelum membuat konten
  • 2. Be relatable: apa yang akan dituangkan harus banyak dirasakan orang lain
  • 3. Appeal to positive emotions: berikanlah emosi yang positif
  • 4. Tell a story: suguhkan cerita dengan konsep storytelling
  • 5. There are no rules: Anda bebas berekspresi tanpa perlu mengikuti aturan yang ada!