Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis – Moka baru saja menghelat acara A Cup of Moka Jakarta 9 dengan tema “Business Practice: Let’s do Creative Thinking and Idea Creation!” pada 10 September 2019 di Rumah Sagaleh, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan ini, para peserta dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para pembicara yang telah hadir, yakni Pambayun Septianto selaku Creative Production Manager Moka, Shakti Candra Siddarta selaku fotografer profesional, serta Dhydha Maryudha selaku Co-Founder Sagaleh. Dalam acara ini, para peserta bisa mengetahui lebih dalam bagaimana konten kreatif sebuah produk bisa diwakilkan lewat foto dan video yang mana nyatanya hal tersebut juga bisa memberikan peningkatan pada sales serta branding. Ini dia pemaparan selengkapnya mengenai pentingnya konten kreatif untuk sebuah bisnis!

Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Menurut Dhydha Maryudha, saat ini industri bisnis semakin jenuh. Banyak sekali brand bermunculan dan menerapkan strategi yang kurang lebih sama. Keunikan yang dimiliki masing-masing bisnis pun menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Maka dari itu, konten kreatif adalah salah satu trik yang bisa dilakukan untuk memenangkan hati para pelanggan.

Bagaiamana memunculkan konten kreatif?

Ya, pertanyaan di atas sangat serin ditanyakan pebisnis. Mungkin Anda salah satunya. Jawabannya adalah idea creation. Ini bisa menjadi solusi tepat bagaimana mengemas suatu produk dengan menarik. “Yang menang adalah yang bisa engage audience melalui digital presence karena saat ini semuanya di-drive oleh digital, baik itu transaksi hingga social media,” terang Dhydha Maryudha. Namun tentu saja, dalam pembuatan konten kreatif, konsistensi sebuah brand perlu dijunjung tinggi. Sebab, hal tersebutlah yang akan membuat sebuah bisnis atau produk menjadi lebih dikenal. Sebagai contoh, Dydha Maryudha mengatakan bahwa bisnis kedai kopinya, Sagaleh, ingin dilihat sebagai brand yang merakyat dan membumi. Maka, tidak heran bila Sagaleh mengusung tagline, “Merakyat & Membumi”, serta foto dan video yang diunggah di media sosial. “Pada praktiknya pun, Sagaleh menggunakan produk lokal dan memberdayakan petani kopi di jawa Barat,” ujarnya.

Penting untuk tahu siapa target market bisnis Anda

Di sisi lain, Sagaleh sendiri juga ingin menyampaikan bahwa ini merupakan bisnis yang ramah lingkungan. Hal tersebut pun dikomunikasikan dengan baik lewat aktivitas offline yang digagas bersama beberapa komunitas. “Hal tersebut dapat dilakukan setelah saya mengetahui detail produk dan target market saya sehingga saya mudah untuk mengarahkan pengemasan produk ini ke berbagai macam bentuk dengan segala proses kreatifnya,” sambungnya. Baca juga: 28 Ide Usaha Kreatif yang bisa Anda Rintis dengan Modal Minim di 2019! Rupanya, Shakti Sidharta pun setuju. Bagi dirinya yang sering menangani berbagai klien, menurutnya klien tersebut harus tahu apa pesan kunci yang memang ingin disampaikan kepada pelanggan. Akan lebih baik lagi jika mereka tahu siapa target marketnya. “Semuanya dirangkum dalam satu brief yang akan dituangkan ke dalam moodboard yang nantinya akan menjadi suatu ide kreatif yang menentukan bagaimana alur serta atau tema dari suatu foto atau video,” kata Shakti Siddarta.

Pengaruh konten kreatif dan penjualan bisnis

Kemudian, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana konten kreatif tersebut bisa berpengaruh terhadap penjualan suatu produk? Bagi Dydha Maryudha, rupanya konten kreatif berupa foto dan video tidak memiliki pengaruh secara langsung, juga tidak bisa dihitung. Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online bagi Pemula “Namun, dampaknya lebih jauh daripada sales itu sendiri, di mana konten kreatif yang dihasilkan dapat berpengaruh kepada awareness orang banyak,” ucapnya. “Pada awal pembuatan konten kreatif, saya sebagai owner juga tidak meniatkan foto dan video dibuat untuk meningkatkan sales, tapi lebih ke awareness dan branding brand Sagaleh kepada masyarakat. Dampaknya bisa membuat target market menjadi loyal terhadap brand kita,” sambung Dydha Maryudha.

Tools untuk membuat konten kreatif

Shakti Siddarta menambahkan, untuk membuat konten kreatif, ada beragam tools yang bisa dioptimalkan. “Jangan terpaku kepada alat yang terbatas serta pembuatan ide yang rumit. Saat ini banyak sekali tools yang menyediakan template sehingga mempermudah kita untuk membuat suatu konten kreatif,” papar Shakti. Ia menambahkan, “Untuk inspirasi dan idenya bisa didapat dari platform digital seperti Pinterest. Di sana banyak sekali referensi dan inspirasi yang bagus dan sesuai dengan keinginan kita”. Nah, itulah dia pemaparan soal pentingnya konten kreatif demi meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Apabila Anda ketinggalan acara seru A Cup of Moka ini, tenang, follow media sosial @acupofmoka untuk tahu informasi mengenai acara selanjutnya! Selamat mengulik konten kreatif untuk bisnis Anda, ya!